Bacaan santai sambil ngopi lebih mantap

7/17/2016

Beasiswa S1 UIN Sunan Ampel S1 Gratis 2016


Uinsa Buka 180 Kuota Kuliah S1 Gratis untuk Penghafal Al Quran
Kamis, 14 Juli 2016  22:34:39
Reporter : Fahrizal Tito
Surabaya Kali pertama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya membuka beasiswa penghafal Al-Quran untuk 180 calon mahasiswa untuk gratis berkuliah jenjang S1.

Rektor Uinsa Prof Abd A’la mengatakan, saat ditemui di kampusnya, Kamis(14/7/2016) mengatakan untuk mendapatkan input mahasiswa yang berkualitas dan sebagai kampus yang berbasis agama Islam tahun ini pihaknya membuka program beasiswa penghafal Al-Quran.

"Beasiswa yang diberikan bagi calon mahasiswa hafal Al-Quran berupa bebas uang kuliah tunggal (UKT) selama 8 semester. Sebenarnya, pendaftaran calon mahasiswa melalui beasiswa ini sudah dibuka sejak 11 April hingga 13 Mei lalu. Namun demikian, masih terbuka peluang bagi mereka yang masih ingin mendapatkan beasiswa tersebut," ujar Prof Abd A’la.

Ia mengatakan, pada pendaftaran yang lalu setidaknya sudah ada 75 yang mendaftar. “Masih ada kuota, kami masih membuka peluang untuk pendaftar dari jalur mandiri. Mereka bisa mengajukan beasiswa hafal Al-Quran,” urai Prof Abd A’la.

Syarat beasiswa ini, tambahnya. Para hafidz tidak harus hafal Al Quran secara keseluruhan atau 30 juz, namun cukup 5 juz saja.
"Tapi untuk jurusan tafsir minimal 10 juz atau mampu membaca kitab kuning. Selain itu ditambah dengan hafalan 50 hadis dan tes keterampilan tambahan berupa kaligrafi dan qori," urai Prof Abd A'la.

Wakil Rektor 1 UINSA, Dr HM Syamsul Huda menambahkan, pilihan jurusan untuk beasiswa hafal Al Quran ini juga cukup banyak, setidaknya ada 12 jurusan yang bisa diambil.
"Diantaranya adalah pengembangan masyarakat islam, manajemen dakwa, hukum pidana, perbandingan mazhab hukum, zakat dan wakaf, ilmu falak, filsafat agama, perbandingan agama, ilmu hadis, ilmu aqidah, ilmu Al Quran dan tafsir serta akhlaq dan tasawwuf," papar Syamsul Huda.

Diakuinya saat ini pendaftar yang paling sedikit adalah pada ilmu wakaf dan zakat. “Karena prodi ini masih baru dan kami kurang melakukan sosialisasi serta promosi ke masyarakat luas,” katanya.
Selain itu ada beberapa prodi yang mengalami kenaikan peminat seperti pada Ilmu Al Quran dan tafsir yang sudah mencapai harapan pihak Uinsa.

"Prodi yang juga peminatnya sedikit adalah perbandingan agama. Namun, kami bertekat tetap mempertahankan prodi tersebut dan tidak melakukan penutupan berapapun jumlah mahasiswa yang ada," jelas Syamsul Huda.

Diketahui, ditanya mengani daftar ulang SBMPTN, hingga kemarin jumlah calon mahasiswa yang daftar ulang sudah mencapai 80 persen.

“Kami berharap hari terakhir pendaftaran sudah bisa mencapai 100 persen. Diharapkan semua yang diterima melakukan daftar ulang,” pungkasnya. (ito/kun)

PEMILIHAN DUTA BAHASA 2016 DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA



Persyaratan Umum
• Putra atau putri berusia 18—25 tahun
• Tinggi badan minimal putra 165 cm, putri 160 cm
• Pendidikan minimal lulus SLTA
• Berdomisili di Yogyakarta
• Belum menikah
• Mampu berbahasa Indonesia tulis dan lisan, berbahasa Jawa, serta berbahasa asing
Persyaratan Administrasi
• Fotokopi identitas
• Daftar riwayat hidup
• Pasfoto dan foto seluruh badan ukuran 4 r
• Fotokopi sertifikat atau piagam penghargaan (jika ada)
• Surat keterangan sehat
(masing-masing 1 lembar, dimasukkan ke dalam aplop mika bening dan diserahkan langsung ke sekretariat panitia)
Pendaftaran tanggal 1 Juni -- 31 Agustus 2016,
ditutup jika kuota terpenuhi.
Hadiah
Pemenang kategori putra maupun putri masing-masing akan mendapatkan hadiah berupa
Pemenang I : trofi, sertifikat, uang tunai Rp2.000.000,00
Pemenang II : trofi, sertifikat, uang tunai Rp1.750.000,00
Pemenang III: trofi, sertifikat, uang tunai Rp1.500.000,00
Pemenang IV : trofi, sertifikat, uang tunai Rp1.000.000,00
Pemenang V : trofi, sertifikat, uang tunai Rp750.000,00
Pemenang pertama akan mewakili Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa di Jakarta.
Informasi dan Pendaftaran
BALAI BAHASA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Jalan I Dewa Nyoman Oka 34 Yogyakarta 55224
Telepon (0274) 562070, Faksimile (0274) 580667
Laman: www.balaibahasa.org
Pos-el: dutabahasa2016@balaibahasa.org
Narahubung (CP):Arbhaie (SMS/WA) 087734765050

7/16/2016

Dianggap Meresahkan Komisi I Akan Bahas "Pokemon Go" dengan Menkominfo

 

Anak-anak remaja sekarang lagi marak dengan Pokemon Go, permainan yang mengajak setiap pemainnya untuk keluar dan mencari pokemon ke tempat tempat tertentu. namun demamnya game tersebut dianggap dapat berdampak buruk oleh karena itu wakil ketua komisi I DPR Tantowi Yahya berencana membahasnya bersama Menkominfo

"Mengenai Pokemon Go, seperti informasi yang sudah di dapat dari negara lain, kayaknya lebih banyak dampak negatifnya. Misalnya sudah terdata berbagai kecelakaan lalu lintas, dan itu sudah ada datanya," ujar Tantowi saat ditemui di ruang Komisi I DPR-RI Jakarta, Kamis 14 Juli 2016.

Tantowi memprediksi, Pokemon Go akan menjadi gim yang digandrungi remaja, sehingga hal ini akan menambah beban bagi pemerintah untuk mengatur game-game dan aplikasi yang memberikan dampak buruk.

Karena itu, Komisi I DPR yang membidangi pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi, dan informasi, akan membahas permainan yang tengah digandrungi banyak orang ini.
"Minggu depan Komisi I itu kebetulan ada rapat kerja lagi dengan Menkominfo. Bisa saja ini akan menjadi topik yang akan kita bahas," tutup Tantowi.